Guruku... Alangkah besar pengabdianmu. Tanpa tanda jasa kau tetap setia mendidikku. Agar aku berguna bagi nusa dan bangsa.

Senin, 19 April 2010

SMP Negeri 2 Air Besar

Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Air Besar terletak di Desa Tenguwe Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Bangunan sekolahnya berhadapan dengan bangunan SD, jadi SD dan SMP ini berada dalam satu lokasi. Sekolah ini dibangun melalui kerja sama antara Australia-Indonesia yang programnya bersama AIBEP. Adapun tujuan pendirian sekolah ini untuk menjaring anak-anak yang tidak bisa melanjutkan sekolah, karena keterbatasan biaya untuk melanjutkan sekolah di kecamatan atau di kota kabupaten. Sehingga dengan adanya program ini anak-anak yang keterbatasan biaya dapat mengenyam pendidikan. Adanya sekolah ini, juga memberikan angin segar bagi siswa yang sudah lama tamat sekolah dasar (SD) dan umur mereka sudah mencapai 15 sampai 17 tahun, dengan adanya sekolah tersebut mereka dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Secara geografis Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Air Besar ini termasuk ke dalam kategori daerah terpencil, karena yang letaknya jauh dari ibu kota kecamatan apalagi ibu kota kabupaten. Akses transportasi dan komunikasi tidak lancar. Untuk mencapai sekolah ini dari ibu kota kabupaten bisa mencapai empat sampai lima jam perjalanan darat. Itupun kalau kondisi jalan kering. Jika jalan dalam keadaan basah untuk melewatinya agak sulit, selain keadaan jalan licin, jalan juga becek. Ditambah lagi kondisi jalan yang naik turun. Kalau ditempuh dari Serimbu tantangan jalan yang dilewati cukup sulit, karena banyak tanjakan dan turunan yang tajam, sehingga kadang-kadang membuat pengendara sepeda motor merasa ngeri.

Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Air Besar mulai operasional pada tahun pelajaran 2008/2009. Pada saat ini sudah memiliki 2 kelas, yaitu kelas 7 dan kelas 8 yang jumlah siswanya sebanyak 36 orang. Siswa kelas 8 sebanyak 12 orang dan kelas 7 sebanyak 24 orang. Berdasarkan jenis kelaminnya siswa laki-laki berjumlah 22 orang dan siswa perempuannya berjumlah 14 orang. Siswa-siswi yang bersekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Air Besar ini, untuk saat ini berasal dari daerah sekitar yang tidak jauh dari lokasi sekolah. Karena seluruh siswa yang bersekolah di sini pergi ke sekolah dengan berjalan kaki.

Masyarakat sekitar sekolah terdiri dari dua suku, yaitu suku Dayak dan suku Melayu. Sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani dan juga sebagai penoreh getah. Termasuklah siswa-siswi yang bersekolah, pada pagi hari mereka ada yang menoreh getah, ini mereka lakukan untuk membantu perekonomian keluarga dan siang harinya mereka bersekolah.

2 komentar:

Mutiasari's Diary mengatakan...

Rasanya saya ingin kembali kesana

Mutiasari's Diary mengatakan...

SMP negeri 2 air besar adalah sekolah yang luar biasa