Guruku... Alangkah besar pengabdianmu. Tanpa tanda jasa kau tetap setia mendidikku. Agar aku berguna bagi nusa dan bangsa.

Minggu, 27 April 2008

SAYANG DAN KASIH

Dalam hidup ini kasih sayang sangat diperlukan oleh setiap insan yang hidup di dunia fana ini. Baik itu anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa juga memerlukan kasih sayang. Kasih sayang dan cinta adalah kata-kata yang indah bila diucapkan dan dibuktikan dalam kenyataan yang bisa dilihat.

Kasih sayang orang tua kepada anak tidak ada batasnya. Mereka rela mengorbankan segalanya bagi buah hati tercinta. Mereka sanggup hidup sengsara demi anak-anak mereka. Mereka sanggup menderita demi masa depan anak-anak mereka.

Orang tua adalah mutiara yang sangat berharga bagi seorang anak. Dan hal itu harus disadari anak. Karena yang namanya ikatan kasih sayang dan cinta orang tua itu bagaikan nyawa yang diberikan oleh Tuhan kepad manusia. Anak tidak mungkin ada kalau orang tuanya tidak ada. Oleh sebab itu kita sebagai anak harus bisa menghargai orang tua kita. Menyayangi mereka dan membahagiakan mereka dengan penuh kasih sayang seperti mereka menyayangi kita.

Hal ini aku tulis terinspirasi dari sebuh film yang kutonton. Dari cerita yang digambarkan dalam film tersebut sangat menyentuh hatiku. Aku merasa bahwa hidup ini perlu kebersamaan untuk membentuk kasih sayang yang tulus dan murni. Kasih sayang yang tulus dan murni yang ditanamkan seseorang akan membentuk jiwa yang baik dan hidup yang penuh dengan gairah dan semangat.

Dalam film tersebut digambarkan kehidupan dua insan yang penuh dengan gejolak jiwa yang selalu ingin bahagia. Tetapi memang dalam hidup ini yang namanya permasalahan akan timbul dan timbul. Dan itu merupakan alat untuk menempa diri kita untuk menjadi lebih baik lagi. Karena setiap permasalahan yang timbul ada sesuatu yang tersirat di dalamnya. Hal itulah yang harus kita pahami dengan baik sehingga dapat mengambil keputusan yang bijak dan tidak merugikan orang lain.

Karena keputusan yang diambil salah atau melese bisa mengakibatkan sesuatu yang fatal yang membahayakan diri kita atau orang lain. Apalgi menyangkut nyawa kita tidak bisa main-main dengan keputusan. Dari cerita dalam film ini aku bisa melihat bahwa tindakan yang bijak itu penting. Kita tidak boleh mengambil suatu tindakan sebelum kita memikirkan dampak dari tindakan kita tersebut. Dalam film ini ditampilkan oleh tiga pemuda yang mengambil keputusan dalam keadaan yang tidak memungkinkan sebenarnya. Karena mereka lagi emosi yang disebabkan hal yang mereka tidak pahami. Sehingga mereka menyesal dari perbuatan mereka. Tapi satu hal yang aku suka dari kesadaran mereka, mereka bangkit dan terus merubah diri dan merubah diri sehingga mereka menjadi orang yang bijak dan baik.

Tidak ada komentar: