Guruku... Alangkah besar pengabdianmu. Tanpa tanda jasa kau tetap setia mendidikku. Agar aku berguna bagi nusa dan bangsa.

Selasa, 22 April 2008

KEPRIBADIAN

Kepribadian merupakan hal yang mendasar yang harus ada dalam diri seorang manusia. Karena kepribadian mengambarkan tentang seseorang itu. Dan hal itu sangat penting sekali. Ada lima aspek kepribadian, antara lain :
1. Bertanggung jawab
2. Percaya diri
3. Saling menghargai
4. Bersikap santun
5. Kompetitif
Bertanggung Jawab
Kata bertanggung jawab sebenarnya tidak asing bagi siapa saja, tetapi kadang masih ada orang yang tidak bertanggung jawab. Walaupun dia menyadari bahwa bertanggung jawab itu penting, melainkan dia justru hanya cuek saja terhadap hal yang telah diperbuatnya. Dalam hal bertanggung jawab, ada beberapa indikator yang menandakan bahwa seseorang itu boleh dikatakan bertanggung jawab apabila dia:
1. tidak menghindari kewajiban;
2. melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan;
3. menaati tata tertib sekolah (jika pelajar); dan
4. memelihara fasilitas sekolah (jika pelajar).

Percaya Diri

Percaya diri merupakan hal yang tidak semua orang bisa memilikinya. Dan hal ini kadang dalam diri kita juga timbul. Banyak orang sulit memiliki sifat ini seratus persen. Orang yang bisa dikatakan percaya diri apabila dia memiliki sifat:
1. tidak mudah menyerah;
2. berani menyatakan pendapat;
3. berani bertanya; dan
4. mengutamakan usaha sendiri daripada bantuan.
Saling Menghargai
Salah satu kunci orang yang sukses baik dalam dunia pendidikan maupun usaha, mereka harus memiliki sifat saling menghargai. Karena dengan adanya saling menghargai satu sama lain akan timbul untuk saling menghormati. Untuk itu ada beberapa indikator yang menandakan bahwa seseorang itu bisa saling menghargai, antara lain:
1. menerima pendapat yang berbeda;
2. memaklumi kekurangan orang lain;
3. mengakui kelebihan orang lain; dan
4. dapat bekerjasama.
Bersikap Santun
Kesopanan lebih tinggi nilainya daripada kecerdasan, dari kalimat ini kita bisa berpikir bahwa seseorang itu tidak boleh hanya memiliki kecerdasan. Dia juga harus memiliki kesopanan dalam arti bisa bersopan santun baik tingkah laku maupun perkataannya. Orang yang sopan lebih dihargai oleh orang lain, tetapi orang yang cerdas dan dia tidak sopan belum tentu dia dihargai orang lain. Ada beberapa indikator yang menandakan bahwa orang itu memiliki sikap santun, antara lain:
1. menerima nasihat guru (jika siswa);
2. menghindari permusuhan dengan teman; dan
3. menjaga perasaan orang lain.
Kompetitif
Ada sebuah ungkapan "Tidak berani bersaing berarti kalah dan rugi". Untuk menjadi orang yang lebih maju kita harus berani bersaing. Ada beberapa sifat yang termasuk dalam kompetitif, antara lain:
1. berani bersaing;
2. menunjukkan semangat berprestasi;
3. berusaha ingin lebih maju; dan
4. memiliki keinginan untuk tahu.

Tidak ada komentar: