Guruku... Alangkah besar pengabdianmu. Tanpa tanda jasa kau tetap setia mendidikku. Agar aku berguna bagi nusa dan bangsa.

Minggu, 27 April 2008

KENAPA SAYA INGIN MENJADI GURU?

Untuk menjawab pertanyaan di atas saya akan menceritakan sebuah cerita tentang pengalaman saya. Saya ingat waktu itu saya masih tidak bisa apa-apa baik membaca, menulis maupun berhitung. Itu adalah masa saya di Sekolah Dasar (SD). Saya berasal dari keluarga sederhana, karena itu saya tidak sempat merasakan pendidikan taman kanak-kanak, sehingga ketika saya masuk SD saya begitu asing dengan yang namanya menulis apalagi membaca. Tetapi guru saya dengan sabar membimbing saya. Beliau mengajarkan menulis huruf-huruf yang begitu aneh bagi saya saat itu. Berkat kesabaran beliau mengajarkan saya akhirnya saya bisa menulis walau tulisan saya tidak sebagus teman-teman yang lain. Saya merasa bangga saat itu, saya mendapat pujian dari guru karena saya sudah bisa menulis. Sejak saat itu saya sangat kagum dengan guru saya karena beliau mengajarkan saya menulis padahal sebelumya saya tidak bisa sama sekali.

Kini kekaguman itu berbuah tekad yang tumbuh dalam diri saya, saya ingin menjadi guru. Guru yang penuh kesabaran mendidik anak-anak didiknya dari tidak bisa menjadi bisa.
Jadi ada beberapa alasan yang dapat saya kemukakan, jika ditanya mengapa saya menjadi guru? Jawabannya antara lain.
1. Karena guru mempunyai kesempatan membantu orang banyak.
2. Karena jadi guru dapat bekerja dan melayani sesama.
3. Karena jadi guru dapat belajar banyak tentang manusia dan kehidupan.
4. Karena jadi guru menyenangkan.
5. Ada panggilan ALLAH di sana.
6. Kita melihat kehidupan kita sendiri ketika kecil dulu lewat murid-murid kita.
7. Karena dengan mengajar dan mendidik seorang guru bisa mengubah dunia.
8. Dengan menjadi guru kita dapat terlatih untuk menghadapi karakter-karakter yang berbeda dan unik.
9. Profesi yang akan selalu ada dan dibutuhkan.
10. Tidak akan pernah berhenti belajar.
11. Berpahala karena sudah mengajar orang yang belum tahu menjadi tahu.
12. Bisa belajar bersosialisasi dengan segala lapisan masyarakat dan lapisan umur di setiap waktunya.
13. Tidak akan bosan dibelakang meja, karena bertemu dengan murid-murid yang punya karakter menarik setiap harinya.
14. Tidak bakal menganggur, karena kalau belum diterima di yayasan pendidikan maupun pemerintahan, masih bisa memberikan layanan ke masyarakat dengan ilmu yang bermanfaat.

Itulah hal-hal yang bisa saya kemukakan berkaitan dengan kenapa saya ingin menjadi seorang guru. Semoga apa yang saya citakan ini dapat membawa dampak yang positif bagi saya dan juga orang lain.

Tidak ada komentar: