Guruku... Alangkah besar pengabdianmu. Tanpa tanda jasa kau tetap setia mendidikku. Agar aku berguna bagi nusa dan bangsa.

Minggu, 20 November 2011

PENDIDIKAN MASA DEPAN

Ada ungkapan bahwa pendidikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Maka pada waktu Jepang dibom oleh tentara sekutu, yang ditanya oleh kaisarnya pada waktu itu adalah berapa jumlah guru yang kita miliki sekarang? Karena beliau berpikir yang harus dibangun itu adalah pendidikan, yaitu melalui para guru yang ada di negaranya. Dan ternyata kita bisa melihat sekarang bagaimana Jepang yang dulu dengan Jepang yang sekarang. Jadi memang benar bahwa pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Penyelenggaraan pendidikan pada hakikatnya memiliki tujuan utama untuk menghasilkan dan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Di samping itu pula menghasilkan lulusan dan anak didik yang bisa mengikuti perkembangan zaman dan berguna di masa depan mereka.

Untuk bisa mengikuti perkembangan zaman dengan baik, maka dari itu pendidikan masa depan setidaknya memiliki ciri, sebagai berikut.

1. Peserta didik secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya.

2. Peserta didik secara aktif terlibat di dalam mengelola pengetahuannya.

3. Penguasaan materi dan juga mengembangkan karakter peserta didik (life-long learning).

4. Penggunaan multimedia.

5. Guru sebagai fasilitator, evaluasi dilakukan bersama dengan peserta didik.

6. Terpadu dan berkesinambungan.

7. Menekankan pada pengembangan pengethuan. Kesalahan menunjukkan proses belajar dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar.

8. Iklim yang tercipta lebih bersifat kolaboratif, suportif, dan kooperatif.

9. Peserta didik dan guru belajar bersama dalam mengembangkan, konsep, dan keterampilan.

10. Penekanan pada pencapaian target kompetensi dan keterampilan.

11. Pemanfaatan berbagai sumber belajar yang ada di sekitar.

Untuk memantapkan ciri pendidikan masa depan yang diuraikan sebelumnya, maka dengan demikian pendidikan masa depan harus mengarahkan pembelajarannya terfokus pada beberapa keterampilan yang harus ditanamkan pada pebelajar. Keterampilan tersebut, antara lain :

ü Keterampilan Penelitian

ü Keterampilan Komunikasi

ü Keterampilan Berpikir

ü Keterampilan Sosial

ü Keterampilan Mengatur diri sendiri

ü Keterampilan Hidup

Sehingga pada akhir pembelajaran suatu jenjang pendidikan setiap pebelajar bisa menjadi seperti yang diungkapkan oleh Ken Kay, President Partnership for 21st Century Skills, antara lain :

Pemikir yang kritis

Seorang penyelesai masalah

Seorang inovator

Dapat berkomunikasi secara efektif

Dapat berkolaborasi secara efektif

Dapat mengarahkan diri sendiri

Paham akan informasi dan media

Paham dan sadar akan masalah global

Memikirkan kepentingan umum

Terampil dalam keuangan, ekonomi dan kewirausahaan

Dengan demikian pendidikan akan membawa angin segar bagi seluruh umat manusia. Satu hal yang perlu kita pahami melalui ungkapan McKenzie, yaitu untuk mendidik dan menghasilkan orang dewasa yang tidak sekedar menjadi penduduk dunia namun juga mencoba untuk menciptakan dunia masa depan yang cocok untuk semua penduduknya”. Inilah sebenarnya yang diharapkan. Mudahan apa yang diharapkan ini bisa terwujud dengan cepat.

Tidak ada komentar: