Guruku... Alangkah besar pengabdianmu. Tanpa tanda jasa kau tetap setia mendidikku. Agar aku berguna bagi nusa dan bangsa.

Rabu, 12 Maret 2008

IMAJINASI DAN KREATIVITAS

PUISI-PUISI WINA TANSARI

DAHULU, SEKARANG, DAN NANTI

Dahulu, nenek kakekku
Dapat melihat pohon rindang
Di mana-mana

Sekarang, ku hanya dapat
Melihat pohon rindang
Di desa...

Di masa yang akan datang,
Kuragu anak cucuku
Dapat melihat alam indah
Elok nan permai



ALAM INDAHKU

Kicauan burung pagi hari
Disertai angin sejuk
Tetesan embun di daun
Dan sinar mentari pagi
Menembus jendela

Kubuka mataku perlahan
Sambil mengucap syukur
Bahwa aku masih bisa
Menikmati alam yang tiada tara indahnya


KUINGIN

Jasa-jasa kalian sungguh besar
Mendidikku dari aku lahir
Segala yang kalian perbuat
Adalah yang terbaik bagiku

Kadang kutanya pada diriku
Apakah aku sudah membalas jasa kalian?
Apakah aku pernah membanggakan kalian?
Kurasa belum.....

Mama, Papa....
Kuingin menyenangkan hati kalian
Membuat kalian bangga
Membuat kalian menjadi
Orang tua yang paling bahagia sedunia



DUKA BERSAMA

Di saat kumerasa sepi
Di saat kumerasa sedih
Engkaulah yang kuingat
Engkaulah orang yang kuharapkan di sisiku....

Tanpa kusadari
Di saat kusenang dan riang
Di saat ku dalam suka
Aku tidak pernah memikirkanmu

Betapa egoisnya diriku ini
Hanya dapat berbagi duka denganmu
Mama......
Maafkanlah aku......



SYUKUR

Ku bersyukur
Atas s’gala yang kupunya
Atas status diriku ini
Dan atas kehidupan ini

S’mua ini....
Takkan bisa kuraih
Tanpa diri-Mu, Tuhan
Tuhan Yang Maha Esa



ENGKAU, TUHAN

Kudapat melihat dunia
Dengan kedua bola mataku
Kudapat mendengar kicauan burung tiap pagi
Dengan kedua telingaku

Itu semua berkat diri-Mu, Tuhan
Engkau yang Maha Agung
Engkaulah Tuhan yang baik hati
Pencipta dari segalanya.....

PUISI-PUISI YINVILL

SAHABAT TERBAIK

Sahabatku......
Engkau adalah buku harian tempatku curhat
Engkau adalah jalan keluar dalam masalahku
Engkau adalah penghibur di dalam kesedihanku
Engkau membantuku ketika kumembutuhkanmu

Sahabatku yang setia.....
Kan kuingat selamanya...


TERIMA KASIHKU...

Terima Kasih, Tuhan.....
Engkau memberiku hidup yang indah
Hidup yang penuh dengan kebahagiaan

Engkau memberiku kedua orang tua yang baik
Teman-teman yang membantuku

Engkau mengembalikanku ke jalan yang benar
Ketika ku terjebak dalam godaan setan

Tuhan.......
Terima kasihku, hanya untukmu......

TUHAN ADALAH SEGALANYA


Di dalam hidupku yang penuh dosa
Engkau penebusnya.....
Di dalam hidupku yang penuh kesengsaraan
Engkau penghiburku....

Ketika ku terjatuh
Engkau penolongnya

Engkau adalah Tuhanku.....



LINGKUNGANKU

Di pagi yang cerah,
Burung-burung berkicauan....
Ayam jantan berkokok......
Memanggilku bangun

Aku membuka jendela kamarku....
Ku menghirup udara pagi yang segar
Oh.......
Indahnya alam ini......

Alam yang selalu kujaga dan kupelihara
Untuk nemani diriku selalu


SAYANGKU... PADAMU

Di masa kecilku,
Aku dimanjamu.....
Aku disayangmu....

Walaupun aku sering membantahmu
Engkau tetap menyayangiku.....

Semua kesalahanku,
Engkau memaafkannya

Terima Kasih, MAMA.....
Sayangku hanya untukmu......

ALAM YANG INDAH

Di sore hari yang sepi
Bertiup angin sepoi-sepoi

Hijaunya rumput......
Birunya air......
Warna-warninya bunga.....
Mewarnai alam ini…..

Terima kasih atas ciptaan-Mu yang indah
Tuhan......


SYAIR PELAJAR

Wahai para pelajar
Tuntutlah ilmu setiap hari
Giat belajar dengan benar
Dan kejarlah cita-citamu

Wahai para pelajar
Kita harus dengarkan guru
Yang sangat baik
Dan rela berkorban

Wahai para pelajar
Belajarlah sampai negeri seberang
Carilah ilmu ke mana-mana
Agar hidupmu bahagia


Reinaldo



INDAHNYA CIPTAAN TUHAN

Pada siang hari ...
Awan gelap menutupi hari
Membuat anak kecil
Datang untuk bermain-main

Tetesan hujan mulai turun
Memainkan lagu yang indah
Bagi orang yang mendengar
Menyirami tumbuhan supaya subur

Mentari mulai mengalahkan, gelapnya awan
Membuat dunia terang kembali
Sempurnanya ciptaan Tuhan
Tanpa ini semua, kita tidak dapat hidup


Anonim



KEKASIH

Engkau datang tak terduga
Merenggut hatiku dan perasaanku
Walaupun dalam situasi bahaya
Engkau ada untuk menemaniku

Kekasihku engkau sempurna
Engkau yang kucari selama ini
Yang tepat untuk dipuja
Dan menami hidupku ini

Berbagai rasa diciptakan olehmu
Perasaan cemburu dapat datang
Perasaan berbunga-bunga dapat datang
Perasaanku tergantung pada dirimu

Kekasihku, aku merasakan perasaan-perasaan
Yang menyatu denganmu
Kebahagiaanku tak terhingga
Jika ada kamu di sisiku... selalu

Andrew

? ? ?

Pada waktu yang tidak terduga
Saya bertemu denganmu
Hatiku sangat berbunga-bunga
Pada saat berkenalan denganmu

Tiga bulan berlalu
Aku semakin dekat denganmu
Setiap waktu aku merasakan kasihmu
Yang lembut dan membelai hidupku

Tetapi pada suatu saat
Kita mulai jarang bicara
Kebersamaan kita semakin tidak kuat
Aku merasa sangat sengsara

Lama-kelamaan,
Kesengsaraanku pun menghilang
Karena datang kebahagiaan
Yang sangat aku sayang

Albert Gunawan

BULAN

Wahai bulan yang setiap malam menerangiku
Bagaikan cahaya penerang dalam malamku
Engkau yang selalu menemaniku
Saat resah datang menghampiriku

Wahai bulan yang menyinari bumi
Yang selalu menenangkan hati
Yang indahnya tak tertandingi
Sehingga aku ingin memiliki bulan ini

Wahai bulan jauh di sana
Dengarlah permohonanku
Aku ingin engkau selalu bersamaku
Di setiap malamku


Mandy



TEMAN TERBAIK


Wahai temanku...
Engkau selalu membantuku
Berbincang-bincang dan bermain denganmu
Kulakukan setiap hari denganmu

Wahai temanku...
Jika ada salah maafkan aku
Jika kamu salah aku akan memaafkanmu
Semoga aku tidak pernah bertengkar denganmu

Wahai temanku...
Engkau selalu mendengar ceritaku
Engkau juga selalu menyelesaikan masalahku
Engkau adalah teman terbaikku
Dan juga sahabatku...

Vellika


DENTINGAN HUJAN

Pada sore hari...
Ku renungi isi hati...
Mencari makna yang berarti
Dalam hidup ini

Ku dengar langit mulai runtuh
Menghilangkan perasaan yang keruh
Memberi kepercayaan yang utuh
Pada sahabatku yang pergi jauh

Ku resapi dentingan hujan yang jatuh ke bumi
Ku rasa hidup ini sangat sepi
Ke mana kau pergi...
Sahabatku abadi

Kennedy




GURUKU

Wahai guruku
Guruku yang selalu mengajariku
Yang selalu membimbingku
Dan selalu menasihatiku

Wahai guruku
Yang siap mendengarkan aduan kami
Yang selalu menasihati
Agar aku menjadi anak yang berbakti
Suatu saat nanti

Wahai guruku
Engkau juga orang tua kedua untukku
Orang tua kedua di sekolah ku
Tempat ku menuntut ilmu

Maafkan kami guru...
Karena terkadang kami tidak sopan terhadapmu
Tapi itu mungkin karena kami
Tak menyadari betapa besar jasamu


Yang telah memberi banyak ilmu
Kepada ku


Jessica


PUISI-PUISI STEPHENIE

MERAH ITU CINTA

Merah itu cinta...
Sulit digambarkan
Hanya perasaan yang tak terucap
Merah itu rindu
Hanya aku tahu
Perasaan untuk yang dicinta

Pertama kali aku merasakan
Selamanya akan ku rasa
Cinta untuk papa mama
Sahabat
Guru-guru
Aku sayang semuanya



TERIMA KASIH MAMA

Mana...
Engkau ibarat lilin
Yang sanggup membakar diri
Demi menyinari kehidupan anak-anakmu
Aku sungguh beruntung memilikimu
Engkau sering memanjakan aku
Menjagaku dengan penuh kasih sayang

Mana...
Walaupun engkau cerewet
Aku selalu membantahmu
Tak berarti aku benci padamu
Karena sayangku hanya buatmu
Mama
Aku sayang mama

AKU BUKAN SEEKOR BURUNG

Burung-burung
Hidupmu amat indah
Bisa terbang bebas
Ke mana saja mau mu

Andai aku seekor burung
Aku ingin terbang ke semua tempat
Menikmati keindahan alam
Tapi itu mustahil
Karena
Aku bukan seekor burung



RUMAHKU SURGAKU

Rumahku
Engkau tempat ku berteduh
Dari hujan dan panas
Tempat ku bermain dan tidur

Rumahku
Walaupun engkau tidak besar
Aku sangat senang
Karena engkau, ibarat surgaku




YA TUHAN

Ya Tuhan
Terima kasih
Karena memberikan aku kehidupan
Yang baik dan indah

Ya Tuhan
Terima kasih
Memberikan aku papa dan mama
Yang menjagaku dengan penuh kasih sayang

Ya Tuhan
Terima kasih
Memberikan teman-teman yang baik
Aku bersyukur pada-Mu, Tuhan
Atas rahmat-Mu



TUHAN ADALAH SEGALANYA

Tuhan
Engkau adalah segalanya
Bantulah aku ya Tuhan
Lapangkanlah hidupku
Agar tidak tergoda oleh setan

Tuhan
Lindungilah aku dari bahaya
Dan selamatkanlah aku dari dosa-dosa
PUISI-PUISI LILIANI LABITTA
DI HALAMAN RUMAH

Di halaman rumah
Ku tanamkan biji rambutan
Di halaman rumah
Ku siram tunas rambutan
Di halaman rumah
Ku rawat pohon rambutan
Di halaman rumah
Ku nikmati buah rambutan
Di halaman rumah
Aku bermain di bawah pohon rambutan



HARUS BEGINI...

Ke mana kita melangkah
Akan selalu menemui suka dan duka
Rasanya ...
Memang begitu hidup di dunia
Memang harus beginikah?
Oh Tuhan ...



SEMUA DARIMU


Pelukan darimu...
Tak lebih dari memeluk boneka
Cerita-cerita darimu
Hanya dongeng kanak-kanak
Kado ulang tahun darimu
Cuma kotak dibungkus kertas
Namun ...
Rasa sayang darimu... Adikku ...
Adalah harta yang tak terhingga




TAMAN BUNDA

Merah mawarku
Putih melatiku
Ungu anggrekku
Kuning asterku
Jingga gladiolku
Bak pelangi hiasi rumahku
Warna warni taman bungaku




LILIN KECIL

Lilin kecil menyala
Terang benderang
Mampu menerangi
Ruangan yang gelap

Lilin kecil bagaikan
Kasih-Mu, Tuhan
Yang mampu menerangi
Hati manusia



AKU MENYAYANGIMU


Hangat kasihmu
Selalu mendampingiku
Belaian yang lembut
Kecupan penuh cinta
Yang sangat kurindukan
Bila kujauh darimu
Maaf yang selalu tersedia
Membawa semangat bagiku
Aku menyayangimu, Mama
Aku menyayangimu, Papa



PUISI-PUISI CLARISSA ANGELICA

ALAM

Angin bersemilir sejuk
Rumput nan hijau bergoyang santai
Bunga bermekaran
Tawa anak-anak merasuk lembut ke telinga
Sungguh nyata alamku
Alam permai, Alam Indonesia



TERIMA KASIH


Tuhan.......
Engkaulah pegangan hidupku
Engkaulah keteguhan imanku
Pada-Mu, aku mengadu
Bawalah aku pada jalan lurus-Mu
Jangan biarkan para setan menggodaku
Engkaulah yang pertama dalam hatiku
Terima kasih, Tuhan!



PULIHLAH ALAM

Alamku yang hijau
Semerbak wangi bunga
Angin yang segar
Kini telah berubah.....

Alamku gersang
Bunga-bunga layu
Angin dan udara berpolusi
Mencekat tenggorokan
Kemana alam yang kurindukan?

Wahai manusia....
Bertanggung jawablah
Atas apa yang kau perbuat
Tuanglah apa yang engkau tanam
Sekarang, bantulah aku memulihkan
Alamku......

UNTUKKU

Hadiah terindah untukku
Cinta kasih untukku
Perlindungan dan rasa aman untukku
Hanya diberikan padaku
Merawat aku
Menyayangi aku
Aku sayang kalian,
Papa, Mama



PAHLAWAN HIDUPKU

Engkau menebus dosaku
Engkau menyelamatkanku
Engkau memberi hadiah terindah, orang tua
Engkau selalu menemaniku

Dalam terang, Engkau di sampingku
Dalam gelap, sedih dan senang, Engkau menemaniku
Siapakah Engkau?
Tuhan ku, pahlawan hidupku



10 PASANG

10 pasang kaki.....
Berjalan bersama menyusuri liku hidup
10 pasang mata......
Memandang lurus ke depan
10 pasang tangan.....
Bergandengan tidak tergoyahkan
10 pasang telinga.....
Mendengar teliti bisikan cinta kasih
Cinta dan kasih sayang
Kuberikan pada mereka
5 sahabatku

Tidak ada komentar: